Kamis, 27 Desember 2012

Praktek kecerdasan buatan



LAPORAN PRAKTIKUM
KECERDASAN BUATAN
PERTEMUAN 1
 

NAMA              : RENA PRASETYA ADY
NIM                  : 115410020
JURUSAN       : TI / S1

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
Yogyakarta
2012


PERTEMUAN 1
LINGKUNGAN VISUAL PROLOG
(VISUAL PROLOG ENVIRONMENT, VPE)

MAKSUD DAN TUJUAN


TUJUAN :
1.      Mengetahui cara memulai program VPE
2.      Dapat membuat program menggunakan jendela editor VPE
3.      Dapat menjalankan dan menguji program pada VPE
4.      Dapat membuka file dari disk
5.      Mengetahui (jika) adanya kesalahan dan di baris mana pada program kesalahan itu terjadi


DASAR TEORI

1.      Visual Prolog Environmet (VPE)
VPE didesain agar seorang programmer dapat dengan mudah, nyaman dan cepat dalam membangun, menguji dan memodifikasi suatu aplikasi atau program yang ditulis dalam visual prolog. VPE memiliki beberapa varian sehingga mendukung untuk digunakan di beberapa platform system operasi seperti MS-DOS, MS Windows 3.1, MS Windows 95, MS Windows NT, Windows OS/2, atau OS/2 PM, yang digunakan pada platform prosesor 16 bit ataupun prosesor 32 bit dari keluarga Intel® 80x86 ataupun kompetibelnya seperti prosesor AMD®
Pengguna VPE diasumsikan mempunyai pengalaman dan pengetahuan dalam menggunakan system GUI (Graphical User Interface), seperti menggunakan menu, menutup, meminimize, memaximize ataupun meresize suatu jendela (window), meloading file dari jendela File Open dialog, mengklik toolbar dan lain-lain. Jika praktikan belum punya pengetahuan ini, praktikan dapat mempelajari dari literature yang berkaitan dengan system operasi terkait, seprerti buku cara menggunakan MS Windows 95 atau lainnya.

2.      Menjalankan VPE
Sebelum menjalankan VPE, tentu saja, diasumsikan program VPE sudah terinstall di komputer yang digunakan. Program instalasi akan membuat sebuah program group yang didalamny terdapat icon yang digunakan untuk menjalankan VPE, yaitu dengan cara mengklik icon tersebut. Namun ada banyak cara untuk menjalankan VPE, seperti dengan menggunakan Windows Explorer, men-double klik file VIP.exe di direktori BIN\WIN\16 untuk platform 16 bit atau direktori BIN\WIN\32 untuk platform 32 bit yang direktori tersebut terletak dibawah direktori utama VIP.
Jika Visual Prolog telah pernah membuka suatu project (dengan ekstensi .VPR) terakhir kali dan VPE ditutup, maka secara otomatis akan membuka project tersebut ketika VPE dijalankan kembali.

3.      Membuka jendela editor (editor window)
Untuk menciptakan jendela editor yang baru, praktikan dapat menggunakan menu perintah File | New. Setelah itu akan muncul jendela edoitor baru dengan judul “NONAME”. Editor ini layaknya seperti editor teks standar lainnya, seperti NOTEPAD yang dimiliki oleh MS Windows. Praktikan dapat menggunakan tombol kursor (tanda panah atas, bawah, kiri, dan kanan) dan mouse untuk menggerakkan kursor seperti layaknya editor lain. Juga editor ini mendukung operasi cut, copy, paste, undo/redo yang diaktifkan dari menu Edit atau melalui penekanan tombol akselerator yang dapat dilihat pada menu Edit.
Untuk lebih mendalami editor ini lebih jauh praktikan dapat membaca dari manual Visual Development Environment (VDE) pada file VDE.DOC di direktori DOC yang terletak di bawah direktori utama VIP.

4.      Menjalankan dan menguji suatu program
Untuk mengecek bahwa system diset dengan baik, praktikan dapat mencoba mengetikkan teks berikut pada jendela editor :
GOAL write (“Selamat belajar Visual Prolog”),nl.
Baris kode diatas pada Prolog dinamakan GOAL dan baris tersebut telah cukup syarat untuk menjadi program yang bias dieksekusi. Untuk mengeksekusi GOAL, aktifkan item menu Project | Test Goal, atau cukup dengan menekan tombol akselerator Ctrl+G.
Hasil eksekusi akan ditampilkan pada jendelayang berbeda yang harus ditutup sebelum menguji GOAL lainnya. Visual Prolog memperlakukan GOAL sebagai sebuah program yang telah ter-compaile, kemudian di-link dan dibangkitkan menjadi suatu bentuk jendela yang dapat dieksekusi (executable).

5.      Membuka file dari disk
Contoh-contoh program untuk mendukung manual Language Tutorial Visual Prolog disediakan did direktori /DOC/EXAMPLES pada direktori utama VIP (dengan syarat manual beserta contohnya terinstall pada saat menginstall Visual Prolog pertama kali). Salah satu file contoh tersebut dapat dibuka dengan menggunakan item menu File | Open atau menekan tombol akselerator F8. Pilih salah satu file (berekstensi .PRO) dan uji Goal program tersebut dengan menekan tombol Ctrl+G.




6.      Melihat dan memperbaiki kesalahan
Jika programmer membuat kesalahan dalam menuliskan kode visual prolog, maka VPE akan menampilkan jendela kesalahan (error window) dimana pada jendela tersebut terdapat daftar kesalahan yang dibuat. Programmer dapat men-double klik kesalahan tersebut agar kursor beralih ke posisi dimana kesalahan tersebut dibuat pada baris kode jendela editor, sehingga dengan lebih cepat kesalahan tersebut dapat diperbaiki.


PEMBAHASAN

1.     Pembahasan Praktik

Praktik 1 :
PREDICATES
     putra(STRING, STRING)
     saudara_perempuan(STRING, STRING)
     saudara_laki(STRING, STRING)
     menikah(STRING, STRING)
     ayah(STRING ayah, STRING putra)
     kakek(STRING kakek, STRING cucu)
     nondeterm ipar_perempuan(STRING, STRING)

CLAUSES
     putra(“Ikhsan”, “Bentang”).
     saudara_perempuan(“Dini”, “Dina”).
     saudara_laki(“Adi”, “Lintang”).
     menikah(“Ikhsan”, “Dini”).
     menikah(“Lintang”, “Surga”).
     ayah(A,B) : -putra(B,A).
     kakek(A,B) : -ayah(A,C), ayah(C,B).
     ipar_perempuan(A,B) : -menikah(A,C),saudara_perempuan(C,B).
     ipar_perempuan(A,B) : -saudara_laki(A,C), menikah(C,B).

GOAL
     ipar_perempuan(“Ikhsan”, X).

Pada program diatas jika uji goal dengan menekan tombol akselerator Ctrl+G, maka akan muncul X=Dina. Hal ini dikarenakan Ikhsan menikah dengan Dini, dimana Dini adalah saudara perempuan dari Dina.

Praktik 2 :
Mengganti GOAL pada praktik 1 dengan GOAL di bawah ini :

GOAL
     ipar_perempuan(“Adi”, Y).

Pada program diatas jika uji goal dengan menekan tombol akselerator Ctrl+G, maka akan muncul Y=Surga. Hal ini dikarenakan Surga menikah dengan Lintang, dimana Lintang adalah saudara laki-laki dari Adi.




2.     Pembahasan Tugas
Tugas no 1 :
Menyisipkan baris kode dibawah kata CLAUSES :
          putra(“Bentang”, ”Genta”).

Memberikan GOAL sebagai berikut :
                 GOAL
kakek(“Genta”, cucu).

Pada program diatas jika uji goal dengan menekan tombol akselerator Ctrl+G, maka akan muncul no.

Tugas no 2 :
Menghapus nondeterm yang berada di depan ipar_perempuan(STRING, STRING)

Mengganti GOAL sebagai berikut :
                 GOAL
ipar_perempuan(“Ikhsan”, “X”).

Pada program diatas jika uji goal dengan menekan tombol akselerator Ctrl+G, maka akan muncul X=Dina. Hal ini dikarenakan Ikhsan menikah dengan Dini, dimana Dini adalah saudara perempuan dari Dina.
Karena nondeterm telah dihapus maka ketika melakukan uji Goal akan muncul pesan error, akan tetapi eksekusi program akan tetap diteruskan dan memberikan solusi yang diidnginkan. Keyword nondeterm sendiri berfungsi untuk memberitahu pada compailer Visual Prolog bahwa preikat tersebut mempunyai lebih dari satu kemungkinan jawaban.

TUGAS

Tombol Akselerator :
1.      Copy                à Ctrl+C
2.      Cut                   à Ctrl+X
3.      Paste               à Ctrl+V
4.      Delete             à Backspace
5.      Redo                à Alt+Shift+Backspace
6.      Undu                à Alt+Backspace
7.      New                 à F7
8.      Open               à F8
9.      Save                 à F2
10.  Exit                  à Alt+F4
11.  Test Goal         à Ctrl+G

KESIMPULAN



Setelah praktikum dapat disimpulkan bahwa jika nondeterm dihapus maka ketika melakukan uji Goal akan muncul pesan error, akan tetapi eksekusi program akan tetap diteruskan dan memberikan solusi yang diidnginkan. Keyword nondeterm sendiri berfungsi untuk memberitahu pada compailer Visual Prolog bahwa preikat tersebut mempunyai lebih dari satu kemungkinan jawaban.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar